Yuk, Belajar Demokrasi Pada Sistem Pemilu

Dalam negara demokrasi, Pemilu merupakan salah satu perwujudan yang mesti dilalui untuk meraih kekuasaan jabatan politik di pemerintahan. Pemilu adalah arena kompetisi untuk mengisi jabatan- jabatan politik di pemerintahan yang didasarkan pada pemilihan formal dari warna negara yang memenuhi syarat. Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang pemili. bahwa peserta pemilu dapat berupa perseorangan dan partai politik, tetapi yang paling utama adalah partai politik. Partai politik mengajukan kandidat kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU/KPUD), dalam pemilu untuk kemudian dipilih oleh rakyat.

Pemilu merupakan sebuah perebutan kekuasan kursi panas wakil rakyat. Semua tokoh-tokoh politik siap berlaga untuk memenangkan pemilu legislatif di tahun 2014, mulai dari mempersiapkan partai, jaringan, mendongkrak popularitas, finansial dan lainnya.

Penulis melihat bahwa dalam sistem kepartaian d Indonesia, sesuai dengan undang-undang nomor 2 tahun 2011 tentang partai politik, pasar 1. Bahwa setiap partai-partai politik memiliki cita-cita yang luhur, yaitu untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan negara, serta memilihara kutuhan NKRI. Berdasarkan UUD 1945 dan pancasila. Sera memberikan pendidikan politik, selain itu tentunya partai-partaipolitik memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tanggayang sistematik dan tersetruktur.( A. Munawar / Direktur Banten Institut)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s